Senin, 25 Oktober 2010

Potensi Wilayah Kelurahan Purbayan Kecamatan Kotagede

Kelurahan Purbayan merupakan salah satu dari tiga kelurahan yang terdapat di Kecamatan Kotagede. Kelurahan ini terletak di bagian selatan Kecamatan Kotagede. Secara administratif, Kelurahan Purbayan erbatasan langsung dengan Banguntapan di sebelah Utara dan barat, Singosaren di sebelah Selatan, Kelurahan Prenggan di sebelah timur Kelurahan Purbayan terbagi atas lima puluh delapan Rukun Tetangga (RT) dan empat belas Rukun Warga (RW). Secara geografis, kelurahan ini merupakan dataran rendah dengan ketinggian tanah mencapai seratus empat belas meter dari permukaan laut, dengan suhu udara rata-rata dua puluh lima derajat celcius.

A. Kluster Sosial Humaniora
• Bidang Perekonomian
Usaha-usaha ekonomi pada Kelurahan Purbayan ini ditunjang dengan adanya koperasi-koperasi yang terdapat di beberapa wilayah kelurahan ini. Koperasi-koperasi yang ada yaitu sebanyak dua buah, dan kesemuanya melayani simpan pinjam. Adapun koperasi-koperasi tersebut antara lain:
USP KOP. ASPADA Desa Purbayan
Kec. Umbulharjo
USP KSU TRESNO Desa Purbayan
Kec. Kotagede

Bidang Pariwisata
pada bidang pariwisata, kelurahan ini terdapat sejumlah toko kerajinan perak yang telah menjadi ciri khas Kotagede. Pertokoan perak itu terdapat di sepanjang jalan kemasan. Selain itu terdapat pula sebuah sarana pariwisata pendidikan yang dapat membantu wisatawan untuk mempelajari pembuatan perhiasan dari bahan baku perak.

Studio 76 sebuah rumah seni yang memproduksi kerajinan perak seperti miniatur andong, becak, kereta kencana, peralatan makan perak dan lain sebagainya. Selain memproduksi juga menawarkan kursus membuat perhiasan perak untuk wisatawan yang sedang berkunjung ke Yogyakarta. Paket-paket kursus yang kami tawarkan:Short Course, Fullday Course, Weekend Course, dan Arranged Course. Beralamat di Jl. Purbayan KG 3 / 1190 Kotagede Yogyakarta

Bidang Pendidikan Formal


Kelurahan Purbayan memiliki beberapa sarana pendidikan formal. Sejumlah sarana pendidikan umum dari tingkat TK (Taman Kanak-kanak) sampai dengan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Sedangkan daftar nama serta lokasi sejumlah sarana pendidikan formal tersebut adalah sebagai berikut:
No Nama Sekolah Alamat
1 TK Margajaya Kemasan 33 Purbayan

No Nama Sekolah Alamat
1 SD Kotagede 1 Kemasan No.49
2 SD Kotagede 4 Bumen
3 SD Baluwarti Basen
4 SD Kotagede 7 Kemasan No.49
5 SD Dalem Kotagede RM.DNG.Sutowijoyo
6 SD Muh Purbayan Jl. Purbayan 2

No Nama Sekolah Alamat
1 SMP Muh. 7 Jln. Purbayan Kotagede

Bidang Pendidikan Non Formal
Selain pendidikan formal, pada Kelurahan Purbayan juga terdapat sarana pendidikan non formal baik berupa PAUD, maupun TPA yang terdapat pada mesjid-mesjid di kelurahan ini.

• Bidang Kepemudaan
karang taruna yang terdapat di kelurahan inni sudah lama tidak aktif.
• Bidang Olahraga
Bidang olahraga di Kelurahan Purbayan ditunjang dengan adanya sarana olahraga yang tersebar di banyak kawasan di kelurahan ini. Sarana tersebut seperti lapangan dan sanggar terbagi menjadi lima kelompok besar yaitu, lapangan basket, lapangan volley, lapangan bulu tangkis, lapangan tenis meja dan sanggar senam. Sarana olahraga tersebut sebenarnya banyak yang sifatnya multifungsi, tidak hanya digunakan untuk jenis satu buah olahraga saja.
• Bidang Kependudukan dan Statistik Kependudukan
Jumlah penduduk yang terdapat pada Kelurahan Purbayan sampai dengan tahun 2008 sekitar 9.317 orang yang terbagi menjadi 4.626 orang laki-laki dan 4.691 orang perempuan, dengan jumlah kepala keluarga sebanyak 2.488 KK. Mayoritas penduduk yang terdapat di Kelurahan Purbayan beragama Islam yaitu sekitar 9.533 orang, sedangkan penduduk paling minoritas beragama hindu sekitar 10 orang. Mata pencaharian warga setempat sangat beragam, dari yang bekerja sebagai karyawan, wirawasta, tani, pertukangan hingga penyedia jasa. Mayoritas penduduk bekerja sebagai karyawan baik pegawai negeri sipil maupun swasta. Sedangkan paling minoritas penduduk bekerja sebagai penyedia jasa. Tingkat pendidikan yang pernah di tempuh oleh warga Kelurahan Purbayan mulai dari lulusan TK sampai lulusan S1, begitu pula yang berlatar belakang pendidikan khusus seperti pesantren maupun kursus keterampilan juga cukup banyak.
• Bidang Agama
Kelurahan Purbayan juga memiliki sarana keagamaan berupa mesjid, dan mushola. Jumlah mesjid dan mushola yang terdapat pada kelurahan ini sangat banyak dan tersebar di setiap RW, hal ini dikarenakan mayoritas penduduk yang terdapat di Kelurahan Purbayan beragama Islam.
• Bidang Penerangan dan Media Massa

Guna bacaan dan sarana media massa bagi masyarakat setiap harinya, pada kelurahan ini sudah terdapat koran umum yang di letakkan di titik-titik tertentu seperti pada kantor Kelurahan Purbayan dll. Adapun jenis koran yang dimuat adalah Koran Harian Merapi dan Koran Harian Kedaulatan Rakyat serta Koran Mingguan Minggu Pagi. Media penerangan selain koran yang di pajang setiap harinya, pada Kelurahan Purbayan juga terdapat sebuah kantor pos yang terletak di Jalan Kemasan.
• Bidang Keamanan
Keamanan di wilayah Kelurahan Purbayan ditunjang dengan adanya poskamling yang terdapat di masing-masing RT yaitu sebanyak tiga puluh enam buah. Sedangkan jumlah hansip yang ada sekitar seratus orang yang tersebar di seluruh wilayah Kelurahan Pandeyan.

B. Kluster Saintek
• Bidang Perumahan dan Permukiman
Warga Kelurahan Purbayan menempati hunian tempat tinggal yang cukup baik. Rumah permanen yang ada sudah sangat banyak yaitu tercatat sebanyak 2.753 buah. Walaupun begitu, masih juga terdapat rumah semi permanen sebanyak 163 buah, dan 25 buah rumah non permanen. Tempat yang terdapat rumah-rumah seperti tersebut tersebar dan tidak hanya ada di satu bagian wilayah tertentu.

C. KLUSTER KESEHATAN-KEDOKTERAN
• Bidang Keluarga Berencana
Kelurahan Purbayan juga memiliki sarana-sarana yang menunjang untuk bidang keluarga berencana. Pada kelurahan ini t posyandu-posyandu yang terletak pada tiga belas kunci tersebar di tiap RW, yang terbagi dalam tiga kelas, yaitu kelas madya, mandiri, dan purnama.
• Bidang Kesehatan
Di bidang kesehatan juga ditunjang dengan adanya rumah sakit umum swasta yang bernama PKU Muhammadiyah. Dengan adanya rumah sakit ini, warga kelurahan Purbayan tidak perlu khawatir dengan sarana kesehatan yang dapat menunnjang.


Demikianlah deskripsi kelurahan Purbayan. Kelurahan ini sangat terkenal dengan pariwisata yang ada berupa centra kerajinan perak di sepanjang Jalan Kemasan. Sepertihalnya kelurahan Prenggan, kelurahan ini sangat membantu bidang perekonomian daerah disertai dengan penduduk yang ramah tamah dalam menghadapi orang lain.

Peta Kelurahan Purbayan

Google search

Custom Search