Sabtu, 28 Maret 2015

Inspirasi, Rahasia Kesuksesan Olga Syahputra semasa hidupnya


Presenter dan komedian Olga Syahputra meninggal dunia pada hari Jum'at tanggal 27 Maret 2015 di Singapura. Pemilik nama asli Yoga Syahputra itu meninggal pada usia 32 tahun. Sebagai manusia biasa, Olga juga sering mengalami ujian dan permasalahan dalam hidup. Olga hanyalah manusia biasa, dia tidak terlepas dari salah dan dosa. Ia punya kelibihan dan kekurangan. Terlepas dari pro dan kontra terhadap dirinya terkait kontroversi kehidupan pribadinya, faktanya dia memang telah sukses dan berjaya di dunia hiburan Tanah Air sampai akhir hayatnya. Kesuksesan Olga tersebut tidak diraihnya secara instan. Ia mengawali karirnya dari bawah. Olga berasal dari keluarga yang miskin. Namun Berkat prinsip hidup dan kerja kerasnya, di beberapa tahun terakhir ini Olga menjadi salah satu artis Indonesia dengan bayaran termahal dan laris manis di Jagad hiburan tanah air. Bahkan kata Indra Bekty yang merupakan salah satu sahabat Olga, bahwa Olga saat masih hidup merupakan artis "rating" karena banyak acara TV yang dibawakannya selalu mampu menaikan rating TV dimana acara tersebut ditayangkan. Berikut ini adalah kata-kata bijak dan inspiratif yang pernah diucapkan atau disampaikan Olga di berbagai kesempatan dan acara untuk berbagi tips dan rahasia sukses yang telah dicapainya.


1. Rajin Beramal
Rahasia sukses Olga yang pertama adalah kesediaannya untuk menyisihkan sebagian dari penghasilannya untuk berbagi atau beramal. Di sebuah acara Talk Show di salah satu stasiun TV swasta yang dipandu Raffi Ahmad, Olga sempat mengajak penonton untuk tidak takut beramal. Ia berkata, "Ayo jangan takut beramal, nabung di bank aja di kasih bunga, masak nabung kepada Allah Swt gak dapat bunga". Kata-kata itu ia sampaikan untuk mengajak para penonton agar bersedia berbagi kepada sebanyak mungkin orang karena nanti Allah SWT yang akan membalas amal kebaikan kita tersebut. Olga memang terkenal sebagai salah satu artis yang suka membantu orang yang kurang mampu. Bahkan ia juga membawakan acara reality show "Catatan si Olga" yang pernah tayang di ANTV.  Keyakinan Olga akan pembalasan Tuhan bagi orang yang suka beramal tersebut berhasil dibuktikannya dengan kesuksesan yang telah diraihnya. Opie Kumis, salah satu sahabat Olga pernah berkata "Dia kalau nolongin orang enggak tanggung-tanggung, walaupun saat ngebantu dia suka pakai sentilan pembicaraan. Tapi, biasalah becanda". 

2. Menjadi Orang yang Menyenangkan
Rahasia sukses Olga yang kedua adalah menjadi orang yang menyenangkan. Ini terkait profesinya sebagai presenter sekaligus komedian. Olga pernah berkata, "Kesenangan dapat dibeli, tapi orang yang menyenangkan sulit dicari". Itulah sebabnya Olga selalu berusaha berbuat baik kepada orang orang yang dikenalnya. Bahkan kata-kata Olga tersebut selalu dikenang dan dijadikan inspirasi oleh Jessica Iskandar, salah satu sahabat Olga.  Jupe juga merasakan hal yang sama. Bagi Jupe, Olga selalu memberikan hal-hal yang indah-indah dan lucu-lucu, memberi semangat dalam menjalani kehidupan yang penat, dan mengajarkan banyak hal yang baik.

3. Selalu Berterima Kasih dan Mengingat Kebaikan Orang
Olga Syahputra pernah berkata, "InsyaAllah, Saya gak akan pernah lupa dengan orang-orang yang berbuat baik kepada saya". Hal itu terbukti dari pernyataannya diberbagai media yang selalu menyebutkan dan menceritakan tentang pertolongan orang lain kepadanya. Diantaranya adalah pertolongan dari Bertrand antolin yang pernah meminjami Olga uang ketika Olga sedang dalam kondisi kesusahan. Selain itu, jasa Aditya Gumay juga sering diungkapkan Olga. Aditya Gumai adalah pengasuh sanggar Ananda yang pernah memperbolehkan Olga latihan gratis. Ia juga yang mengusulkan nama Yoga diganti menjadi Olga agar lebih populer. Olga juga pernah berkata, " Kalau kamu bikin aku bahagia, InsyaAllah aku akan perlakukan lebih baik". Pernyataan tersebut menandakan bahwa Olga tidak akan melupakan jasa dan kebaikan orang-orang yang telah membantunya.

4. Tulus
Rahasia Olga yang ke empat adalah ketulusan. Olga pernah berkata, "Saya selalu berdoa untuk orang-orang yang saya sayang". Pernyataan Olga tersebut senada dengan apa yang dirasakan oleh sahabat-sahabatnya. Tara Budiman dalam sebuah wawancara mengatakan bahwa Olga selalu membantu sahabat, dan tidak mau orang yang disayangnya sakit. Orangnya membantu dengan ikhlas dari hati. Shoimah juga menyampaikan, "Olga gak suka ngliat temennya menangis, selalu ada dan membantu sejak aku berjuang di Jakarta". Kartika Putri pun juga berpendapat bahwa Olga adalah sahabat yang tulus dan ngajarin banyak hal baik. Ayu dewi pun juga merasakan hal yang sama,"Olga selalu ada saat saya sedang ada masalah, dia adalah sahabat yang paling tulus".  Betrand Antolin dalam sebuah talkshow juga mengatakan, "Olga itu adek, orang yang paling tulus, dia pemimpin yang baik, dan cerdas".




5. Sabar dan Rajin Beribadah
Olga adalah orang yang sabar. Meskipun kelihatannya sering ceplas ceplos, tapi dia tidak pernah marah-marah dan membuat keributan. Dia pernah berkata, "Saya orangnya gak bisa marah. Kalau sedang sedih, saya sholat lalu nangis. Itu aja". Olga juga dikenal sebagai artis yang sangat menjaga ibadahnya. Di tengah kesibukannya sebagai artis, Olga tidak hanya sekedar menjalankan sholat wajib. Ia juga rajin melaksanakan sholat Dhuha. Produser di sebuah acara TV yang dipresenteri Olga mengatakan bahwa Olga sangat rajin melaksanakan sholat dhuha ketika acara yang dibawakannya sedang jeda commercial break. Bahkan salah satu pesan terakhir Olga Syahputra yang diungkapkan adiknya yang bernama Reni adalah untuk menjaga sholatnya. Olga berkata, "kita harus kuat dan sabar menjalani hidup. Jangan lupa salat". 





6. Berusaha Menjaga Diri dengan Baik
Sebagai manusia biasa, pasti ada yang suka dan tidak suka dengan kita. Apalagi Olga adalah public figure, pasti banyak sekali yang mengidolakan dia dan pasti juga banyak yang tidak suka dengannya. Oleh karena itu, Olga pernah berpesan kepada penonton disebuah acara, "Hati-hati dengan orang lain. Kita harus mampu membentengi diri sendiri. Jangan percaya begitu saja, bahkan dengan orang terdekat sekalipun". Pernyataan tersebut bukan berarti kita disarankan untuk selalu mencurigai orang lain tapi lebih untuk bersikap waspada. Kita ketahui bersama bahwa di sekitar kita banyak juga serigala berbulu domba. Maksudnya, di depan kita seolah-olah baik padahal sebenarnya punya niatan jahat. Selain itu, banyak juga orang yang hanya baik kalau ada maunya saja. Ketika sudah tidak butuh, langsung ditinggalkan. Jadi, waspada dan hati-hati dalam bersikap dan bertindak itu baik bagi diri kita sendiri agar tidak gampang dimanfaatkan atau dicelakai oleh orang yang diam-diam tidak suka dengan kita.

7. Selalu Menghargai Orang Lain
 Olga juga pernah berpesan, "Jangan pernah meremehkan orang lain karena kita tidak pernah tahu masa depannya. Kalau Allah udah mau mengangkat derajat seseorang, semuanya mungkin terjadi". Hal itu sebenarnya terkait dengan kehidupan pribadinya. Dulu Olga sempat mengalami masa-masa sulit bahkan dikatakan hidup dalam kondisi yang kurang layak. Mungkin pada saat itu ada orang yang "meremehkan" dia dan keluarganya. Tapi, sekarang Olga dan keluarganya berhasil menunjukkan bahwa roda selalu berputar. Orang yang dulu pada kondisi serba kekurangan, sekarang menjadi orang yang berkecukupan.

8. Selalu Berfikiran Positif
"Selalu berbikir positif kepada Allah, InsyaAllah, anda akan mendapatkan kesuksesan dan mendapatkan berkah.". Pernyataan tersebut juga pernah disampaikan oleh Olga. Bagi Olga, hidup adalah proses belajar. Apapun yang ditetapkan Tuhan pasti yang terbaik yang dapat diambil hikmahnya.

9. Selalu Bersyukur
Selain berfikir positif atas ketetapan Tuhan, Olga juga mengingatkan kita agar terus bersyukur dengan apa yang kita peroleh dan kita miliki. Ia pernah berkata, "Saya jalanin apa yang Allah kasih buat saya, saya nikmati dengan penuh syukur agar saya bahagia tanpa kepura-puraan"

10. Mendengarkan Hal Positif dari Perkataan Orang.
"Orang boleh lah ngomongin saya apa aja. Orang kan punya mulut, mulut ada lidahnya, lidah kan gak bertulang, kalo bertulang lele kale..". Itulah celetukan Olga saat diwawancarai perihal kehidupan pribadinya, yaitu terkait siapa sosok yang saat ini dicintainya dan kapan rencananya melepas masa lajang. Untuk masalah yang satu itu, Olga memang tidak mau mengungkapkan ke Publik. Baginya, tidak semua hal pribadi tentang dirinya harus diketahui oleh orang lain, "Gak semua hal tentang hidup saya, orang lain harus tau". Dia hanya mempertimbangkan kabaikan atas sikapnya itu. Dia tidak ingin jika kisah asmaranya menjadi konsumsi publik justru mengganggu fokusnya berkarir dan juga mengusik kehidupan pribadi sang kekasih. Bagi Olga, perkataan orang baik atau buruk yang penting ia mendapatkan hal positif dari ucapan orang lain. "Jangan dengering kata orang, tapi kalo masukan mereka baik, ambillah", kata Olga.

11. Bekerja Keras dan Pantang Menyerah
 Olga mengawali karirnya dengan kerja keras dan penuh perjuangan. Bahkan, dia pernah naik angkot lalu jalan kaki dengan jarak yang jauh hanya untuk latihan di sanggar yang diasuh Aditya Gumay. Ketika mengenang masa-masa sulitnya, Olga berpesan, "Kita harus kerja keras, jangan lupa berdoa, berjuang, hati harus jujur, hati harus tulus, jangan pernah berhenti berjuang".

12. Tidak Lupa Berdoa
 Bagi Olga, keberhasilan yang telah dicapainya tidak terlepas dari kesungguhannya berdoa dan juga do'a orang-orang yang menyayanginya. Olga pernah berkata, "Manusia tak ada yang sempurna tapi kalo kita mau berusaha dan ingat berdoa kepada Allah swt, semua akan ada jalannya. Kekuatan do'a lebih hebat dari apapun".

13. Tidak Pelit Ilmu
Selain terkenal dermawan dari segi materi yang dimilikinya, Olga Syahputra juga dikenal sahabat-sahabatnya sebagai orang yang tidak pelit dalam membagi ilmu dan kemampuannya. Hal itu yang dirasakan oleh Ayu tingting. "dia selalu buat saya ketawa, gak pelit ilmu", kenang Ayu. Senada dengan Ayu Tingting, Chad kevin juga berkata, "Olga itu mentor gue, dia galak tapi tujuannya baik untuk diri gue dan semua orang yang didekatnya".  Begitu pula bagi Jessika Iskandar, "Kak Olga adalah Guru, sahabat yang baik dan orang yang tersayang".
Demikianlah beberapa rahasia atau kunci sukses dari almarhum Olga Syahputra yang pernah disampaikannya di berbagai kesempatan dan acara yang dibawakannya. Semoga bermanfaat dan dapat menginspirasi kita semua untuk menjadikan kita pribadi yang lebih baik. Kesempurnaan hanya milik Tuhan, kita sebagai manusia hanya bisa berusaha mendekati kesempurnaan tersebut. Pahami segala hal dari sisi positif agar kita dapat menjalani hidup dengan baik.









GOOGLE search
Custom Search

Google search

Custom Search