Kamis, 12 Maret 2015

15 manfaat kesehatan dari makan buah apel

manfaat buah apel, manfaat buah apel hijau untuk diet, manfaat buah apel untuk ibu hamil, manfaat buah apel bagi kesehatan, manfaat buah apel merah, manfaat buah apel bagi ibu hamil, manfaat buah apel bagi kecantikan, manfaat buah apel buat ibu hamil muda, manfaat buah apel dan kandungannya, manfaat buah apel untuk penyakit batu empedu, manfaat dan efek buah apel, manfaat enzim pada buah apel, manfaat buah apel fuji, manfaat buah apel untuk gigi, manfaat buah apel untuk ginjal, manfaat buah apel untuk jerawat, manfaat buah apel untuk janin, manfaat buah apel kecantikan, manfaat buah apel bagi lambung, manfaat buah apel untuk otak, untuk obat, manfaat buah apel untuk rambut, manfaat buah apel sebagai masker, manfaat buah apel untuk program diet, manfaat buah apel untuk wajah, manfaat dan vitamin buah apel.

Inilah manfaat manfaat khusus dari apel. Pertama, Apel hijau sangat rendah kalori, sehingga merupakan pilihan buah yang sangat baik untuk mengontrol berat badan Anda. Karena serat yang tinggi dalam buah apel hijau, maka akan membantu Anda supaya merasa kenyang lebih lama. Dengan demikian sudah pasti akan dengan sendirinya akan mengurangi kebiasaan makan banyak atau mengkonsumsi cemilan yang sebenarnya tinggi kalori.
Selanjutnya, manfaat buah apel untuk ibu hamil. Manfaat apel untuk ibu hamil yang pertama adalah untuk diet sehat ibu hamil. Buah ini tidak akan membuat Anda dan bayi mengalami kelebihan berat badan, tetapi nutrisi dalam tubuh tetap terpenuhi. Apel merah kaya akan serat sehingga ketika Anda mengkonsumsinya secara rutin, Buang air besar Anda pastilah akan normal. Manfaat apel untuk ibu hamil yang ketiga adalah mencegah obesitas pada janin dan diabetes pada pada ibu hamil. Manfaat dari apel selanjutnya adalah bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kadar kolesterol jahat pada tubuh ibu hamil akan dibasmi oleh antioksidan yang ada pada buah apel. Selain itu, Ketika Anda mengkonsumsi apel, maka Anda secara tidak sadar telah menjauhkan bayi atau janin dari serangan asma.


Buah apel dapat mencegah segala macam kanker. Para ilmuwan dari American Association for Cancer Research setuju bahwa konsumsi apel kaya flavonol dapat membantu mengurangi resiko terkena kanker pankreas hingga 23 persen. Para peneliti di Cornell University telah mengidentifikasi beberapa senyawa triterpenoid di kulit apel yang memiliki kekuatan ampuh dalam kegiatan anti-pertumbuhan terhadap sel kanker di hati, usus besar dan payudara. Penelitian mereka sebelumnya menemukan bahwa ekstrak dari seluruh apel dapat mengurangi jumlah dan ukuran tumor mammae pada tikus. Sementara itu, National Cancer Institute di AS telah merekomendasikan asupan serat tinggi untuk mengurangi risiko kanker kolorektal.
Manfaat buah apel untuk penyakit batu empedu. Kandungan zat gizi yang paling menonjol pada apel adalah kalium, pektin dan selulosa. Kalium merupakan mineral yang berfungsi meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, mengatur pengiriman zat gizi ke sel-sel, mengendalikan keseimbangan cairan dalam jaringan dan sel tubuh, serta membantu mengatur tekanan darah. Apel mengandung serat dalam jumlah banyak. Selulosa, adalah serat yang tidak larut (dalam air) yang berada pada kulit apel. Sedangkan, pektin adalah tipe serat larut yang banyak dijumpai pada daging buah apel. Serat tak larut, khususnya selulosa selain beberapa hemiselulosa dan lignin, dapat mempercepat perjalanan sisa makanan melintasi saluran percerna. Sementara serat larut dapat menimbulkan efek sebaliknya, memperlambat ‘lalu lintas’ sisa makanan, dan dapat menghancurkan batu-batu yang ada dalam empedu. Cara pengobatannya adalah sebagai berikut. Pertama, selama lima hari berturut-turut minumlah empat (4) gelas sari buah apel segar setiap hari, atau makanlah empat atau lima buah apel segar, tergantung selera anda. Apel berkhasiat melembutkan batu empedu. Selama masa ini, anda boleh makan seperti biasa. Selanjutnya, pada hari ke-enam jangan makan malam. Jam 6 petang, aduklah satu sendok teh “Epsom salt” (magnesium sulfat, garam Inggris) dengan segelas air hangat. Jam 8 malam lakukan hal yang sama. Magnesium sulfat berkhasiat membuka pembuluh-pembuluh kandung empedu. Lalu pada jam 10 malam campurkan setengah cangkir teh minyak zaitun (atau minyak wijen) dengan setengah cangkir sari jeruk segar. Aduklah secukupnya sebelum diminum. Minyaknya melumasi batu2 untuk melancarkan keluarnya batu empedu.
Manfaat apel untuk menetralkan asam lambung. Meskipun apel memiliki kandungan rasa asam, namun kandungan tersebut merupakan asam dan enzim yang sehat untuk menetralkan asam lambung bagi tubuh. Buah apel juga bermanfaat untuk ginjal. cuka yang terkandung dalam apel dapat mencegah terbentuknya batu ginjal. Selanjutnya manfaat buah apel untuk otak. Menkonsumsi 2 hingga 3 apel sehari atau meminum jus apel mampu membantu fungsi otak sekaligus meningkatkan memori. Senyawa antiokssidan yang terdapat di dalam apel, khususnya vitamin C dan quercetin bekerja sebagai nutrisi otak yang mencegah kerusakan memori dan fungsi otak yang disebabkan oleh stress oksidatif. Sebuah studi baru yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa minum jus apel bisa menjaga Alzheimer pergi dan melawan efek penuaan pada otak. Apel juga bermanfaat untuk mencegah Parkinson. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang makan buah-buahan dan makanan berserat tinggi mendapatkan sejumlah perlindungan terhadap Parkinson, penyakit yang ditandai dengan gangguan dopamin-memproduksi sel-sel saraf otak. Para ilmuwan telah menghubungkan ini dengan kekuatan melawan radikal bebas dari antioksidan yang terkandung di dalamnya
Manfaat buah apel bagi kecantikan. Pertama,  Kulit apel dikenal sangat banyak mengandung anti oksidan yang akan memperbaiki kulit dan mecerahkan kulit. Salah satunya adalah mencerahkan kulit kusam. Cara pemakaiannya yaitu itu dengan mengupas buah apel, kemudian kulitnya di ambil dan diblender hingga halus, lalu lumurkan pada wajah secara merata sebagai makser. Gunakan masker ini secara rutin selama satu minggu. Selain itu, cuka buah apel juga bermanfaat untuk mengatasi jerawat. Salah satu cara tubuh mengeluarkan racun adalah melalui pori pori kulit yang sering muncul dalam bentuk jerawat, ruam dan permasalahan kulit lainnya. Cuka apel akan bekerja menyerap kelebihan minyak ini dan menyeimbangkan tingkat pH kulit untuk mengatasi jerawat. Selain itu cuka apel juga bisa mengembalikan kilau sehat di kulit wajah seperti halnya toner. Kedua, manfaat Apel bagi perawatan rambut. Apel kaya akan faktor faktor epigenetic dan metabolit untuk memperpanjang umur folikel rambut dan menunda proses penuaan dari folikel rambut serta membantu memperbaiki folikel rambut yang rusak.  Buah apel juga memiliki kemampuan memperbaharui dan mempertahankan serta dapat mempercepat pembentukan kulit kepala baru dan pengendalian penuaan kulit kepala. Apel dapat menambah folikel rambut yang menua dan menghidupkan kembali sel-sel kulit kepala yang mati. Buah apel juga bermanfaat untuk gigi. Buah apel dapat membantu merangsang gusi, meningkatkan aliran air liur di mulut dan mencegah penumpukan plak saat 'membersihkan' permukaan gigi. Ditambah lagi, apel mengandung berbagai vitamin dan mineral. Mengonsumsi satu apel setelah makan malam dipercaya dapat membersihkan bagian interior gigi. Menggigit dan mengunyah apel dapat merangsang produksi air liur dalam mulut Anda, mengurangi kerusakan gigi dengan menurunkan tingkat bakteri.
Dapatkan jantung yang lebih sehat dengan mengkonsumsi buah apel karena dapat mendorong keluar penumpukan plak kaya kolesterol dalam arteri Anda. The fenolik senyawa yang ditemukan dalam kulit apel juga mencegah kolesterol yang masuk ke sistem tubuh. Selain itu, kandungan serat yang tinggi dalam buah apel termasuk asupan tinggi serat dalam diet yang dapat mencegah diare, wasir dan mengontrrol berat badan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan sehingga menangkal stroke, tekanan darah tinggi, diabetes dan kesulitan tidur. Apel juga dapat mendetoksifikasi racun dalam tubuh yang tanpa kita sadari kita konsumsi setiap hari. Apel juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Apel merah mengandung antioksidan yang disebut quercetin. Quercetin dipercaya dapat membantu meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda, terutama ketika Anda stres. Apel juga diyakini dapat mencegah katarak.
Dari pemaparan di atas dapat diketahui berbagai manfaat buah apel karena kandungan vitamin didalamnya. Antioksidan dalam buah apel adalah senyawa yang bermanfaat untuk melawan penyakit. Para ilmuwan yakin senyawa ini membantu mencegah dan memperbaiki kerusakan oksidasi yang terjadi selama aktivitas sel normal. Apel juga penuh serat yang disebut pektin-apel berukuran sedang mengandung sekitar 4 gram serat. Pektin digolongkan sebagai serat larut, yang difermentasi dan kental. Meskipun terbukti banyak manfaatnya, namun konsumsilah buah apel dalam takaran yang wajar karena bagaimanapun, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Demikian, semoga bermanfaat.
GOOGLE search
Custom Search

Google search

Custom Search