Selasa, 17 Maret 2015

manfaat buah naga

bagi kesehatan, budidaya,
Saat ini buah naga merupakan salah satu buah yang sangat diminati masyarakat Indonesia dan mudah ditemukan dipasar pasar maupun di swalayan. Buah naga memiliki banyak manfaat atau khasiat bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan buah naga banyak mengandung Vitamin C, B1, serat, asam folat dan karoten. Buah naga ada yang daging berwarna merah, putih, kuning dan hitam. Mengkonsumsi buah naga bermanfaat diantaranya untuk ibu hamil, bayi, diet atau menurunkan berat badan, dan mengobati penyakit diabetes. Sedangkan daging buah naga juga dapat dimanfaatkan sebagai pewarna dan antioksidan. Buah naga dapat dimakan langsung atau di jus. Buah naga dapat dibudidayakan atau ditanam di dalam pot. Sedangkan untuk pembibitannya dapat menggunakan teknologi kultur jaringan. Berikut ulasan lengkapnya.
Saat ini buah naga merupakan salah satu buah yang sangat diminati masyarakat Indonesia dan mudah ditemukan dipasar pasar maupun di swalayan. Buah naga memiliki banyak manfaat atau khasiat bagi kesehatan karenna kandungan vitamin di dalamnya. Buah naga ada yang daging berwarna merah, putih, kuning dan hitam. Mengkonsumsi buah naga bermanfaat diantaranya untuk ibu hamil, bayi, diet atau menurunkan berat badan, dan mengobati penyakit diabetes. Sedangkan daging buah naga juga dapat dimanfaatkan sebagai pewarna dan antioksidan. Buah naga dapat dimakan langsung atau di jus. Buah naga dapat dibudidayakan atau ditanam di dalam pot. Sedangkan untuk pembibitannya dapat menggunakan teknologi kultur jar
jaringan.
Berikut ulasan lengkapnya.
Buah naga yang dalam bahasa inggris disebut dragon fruit (Hylocereus undatus) tergolong jenis tanaman kaktus yang berasal dari salah satu negara Amerika Tengah meksiko dan negara Amerika latin (Selatan) yakni negara Colombia. Buah naga didatangkan ke Indonesia sekitar tahun 90-an, lalu mulai dikembangkan oleh masyarakat Indonesia pada awal tahun 2000. Daerah daerah yang pertama kali membudidayakan tanaman ini adalah Pasuruan, Jember, Mojokerto, dan Jombang. 
Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, buah naga memiliki warna yang bermacam macam. Perbedaan warna itu terkait jenis buah naga itu sendiri.
1. Jenis buah naga Hylocereus undatus memiliki kulit buah berwarna merah namun daging buah berwarna putih.
2. Jenis buah naga Hylocereus polyrhizus memiliki kulit buah berwarna pink / merah muda sedangkan daging buah berwarna merah
3. Jenis buah naga Selenicereus megalanthus memiliki kulit buah agak kuning dan daging buah berwarna putih
4. Jenis buah naga Hylocereus costaricensis memiliki kulit dan daging berwarna sangat merah.


Dari segi manfaat, buah naga memiliki manfaat atau khasiat diantaranya
1. Mencegah pertumbuhan sel kangker karena kandungan antioksidan didalam buah naga terbukti ampuh untuk mengurangi resiko kanker.
2. Mengurangi Resiko Diabetes Melitus karena buah naga banyak mengandung vitamin B3 yang dipercaya dapat mengurangi kadar gula darah. Apabila kadar gula darah dapat dikontrol maka resiko diabetes dapat diminimalisir.
3. Buah naga juga dipercaya berkhasiat untuk mengurangi resiko serangan jantung pada manusia.
4. Khasiat buah naga selanjutnya diperoleh dari kandungan betakaroten yang berguna untuk kesehatan mata
5. buah naga juga dapat menjaga kesehatan tulang karena kandungan kalsium dan fosfor pada buah naga cukup tinggi.
6. Buah naga dapat digunakan sebagai nutrisi untuk diet atau menurunkan berat badan karena buah naga terkenal kaya akan kandungan serat dan rendah kalori.
7. Buah naga juga bermanfaat bagi kesehatan kulit karena nutrisi yang dimiliki oleh buah dipercaya mampu untuk membersihkan kulit, mengencangkan kulit dan mencegah jerawat
8. buah naga juga dapat menjaga kekebalan tubuh atau imunitas agar tidak mudah sakit karena kandungan vitamin C, protein, dan potassium dalam buah naga.
9. Buah naga juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan karena Vitamin B1 dan serat larut pada buah naga.
10. Buah naga dapat menjaga kesehatan gigi karena memiliki kandungan kalsium dan fosfornya yang cukup tinggi.
11. Buah naga juga dapat menjadi bahan uji kandungan formalin pada makanan.
12. Buah naga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena buah naga memiliki kandungan seperti asam folat, karoten, beberapa vitamin, serat dll yang sangat
 dibutuhkan oleh tubuh dalam proses perkembangan janin.
13. Buah naga dapat menjaga fleksibilitas pembuluh darah
14. buah naga dapat menurunkan kadar kolesterol
15. Buah naga dapat menyumbang mineral bagi tubuh dan mencegah atau mengobati anemia.
16. Buah naga bermanfaat sebagai pelindung kesehatan mulut
17. Buah naga juga dapat mencegah pendarahan.
18. Buah naga dapat mencegah kanker usus.
19. Buah naga juga berkhasiat  untuk menguatkan sistem imun dan membantu meningkatkan daya kerja otak bayi serta manfaat lainnya seperti yang didapatkan oleh orang dewasa.
Banyaknya manfaat dari buah naga dikarenakan buah ini memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap. Setiap 100 g buah naga mengandung 83 g air. Sedangkan kandungan lemak hanya 0,61 g, 0,22 g
protein, 0,9 g serat, 11,5 g karbohidrat, 60,4 mg magnesium, vitamin B1, B2, C, serta mengandung asam fenolat yang lebih tinggi,
dan bijinya mengandung asam lenoleat.Selain dikonsumsi langsung, buah ini dapat digunakan sebagai jus, manisan, dan selai atau mensiasati menyajikannya buah naga menjadi jelly untuk makanan anak. 


Google search

Custom Search