Selasa, 10 Maret 2015

HIDUP adalah proses belajar

Hidup itu seperti sekolah, semakin tinggi tingkatan kelas kita, maka semakin banyak dan sulit juga ujiannya. Begitu pula hidup, semakin tinggi derajat manusia, maka semakin besar pula tes yang dihadapinya. Jalan terbaik untuk menghadapi ujian sekolah adalah dengan tekun dan pantang menyerah agar lulus ujian dan naik kelas. Begitu pula cara terbaik menghadapi ujian hidup adalah dengan bersabar dan istiqomah dalam keimanan dan ketaqwaan. Agar kita lulus tes dan menggapai derajat yg lebih tinggi. Ketika seseorang tidak sabar mengerjakan ujian sekolah, kemungkinan dia akan tinggal kelas kemudian tahun depan akan mendapat soal ujian yang sama. Begitu juga dalam menghadapi ujian hidup, jika kita belum sabar menghadapinya maka bisa jadi tes ujian hidup serupa akan dialami. Oleh karena itu, agar kita tidak membuang buang waktu dalam menghadapi ujian hidup, mari kita selesaikan dan hadapi ujian itu dengan bijak dan benar yakni dengan sabar dan sholat sebagai penolong. Semoga Allah mengaruniakan kepada kita kekuatan iman dan kesabaran agar kita menjadi golongan orang yang bertaqwa dan tinggi derajatnya dihadapan Allah Swt dan sesama manusia.



"Sesungguhnya ada tingkatan / derajat keimanan yang tidak bisa dicapai seorang hamba oleh amalnya, ia hanya akan mencapainya dengan tes dan cobaan.Allah berirodah untuk meningkatkan imannya, maka Allah pun menetapkan tes dan menolongnya untuk bersabar dan teguh menghadapinya.Jadi ini merupakan rahmat dari- Nya bagi seorang hamba. Seorang siswa, pelajar atau mahasiswa, ia menginginkan keberuntungan dengan kelulusan dari studinya, baik keberuntungan dalam arti naik kelas, naik tingkat, atau lulus plus karena memperoleh nilai yang exelence. Sebagaimana tersurat dalam firman Allah SWT berikut, "Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung. ?? (QS Ali Imran [3]: 200).
Tak ada yang perlu diragukan dari janji Allah SWT, karena Allah tak pernah dan tak akan pernah mengingkari janji-Nya. Tak ada yang perlu dikhawatirkan lagi dari keberuntungan bagi orang-orang beriman yang sabar dan bertakwa, keberuntungan itu pasti datang, pasti akan mereka terima, baik di dunia maupun di akhirat. Kalau tidak di dunia, pasti di akhirat, asal mereka benar-benar beriman dan benar-benar sabar. Allah Ta'ala berfirman, menceritakan tentang Bani Isra'il: "Dan Kami wariskan kepada kamu yang telah ditindas itu, negara-negara di bagian timur bumi dan baratnya, yang telah Kami beri berkah padanya. Dan telah sempurnalah kata Rabbmu yang baik (sebagai janji) untuk Bani Isra'il disebabkan kesabaran mereka, Dan Kami hancurkan apa yang telah dibuat Fir'aun dan kaumnya dan apa yang mereka dirikan ". (Qs. Al A'raf: 137) Allah SWT berfirman, "Sifat-sifat yang baik itu tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang sabar dan tidak diberikan kecuali kepada orang-orang yang memiliki keuntungan yang besar. ?? (QS Fushshilat [41]: 35). Dengan demikian, bersabarlah . Niscaya kesabaran akan mengundang Anda ke tempat terbaik. Terbaik dalam peruntungan, hasil, dan tindakan. Sampai akhirnya Anda akan mereguk kenikmatan abadi di akhirat kelak. "Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas". (Qs. Az Zumar: 10) "Dan berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar". (Qs Al Baqarah: 155)




GOOGLE search

Custom Search

Google search

Custom Search