Jumat, 06 Maret 2015

Manfaat Sholawat: Bagai mengharap hujan pada mata air

Bismillahirahmanirahim ..
Assalamu'alaikum .. 
Akhir akhir ini, muncul fitnah terkait mengamalkan bacaan sholawat untuk nabi Muhammad. Fitnah itu yakni, tudingan bahwa Nabi Muhammad belum aman sehingga masih butuh di doakan agar selamat. Fitnah tersebut tentu adalah analisis ngawur yang hanya ingin menjatuhkan Islam. 
Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam sudah dijamin masuk surga, ayatnya secara implisit dalam Al- Qur'an: إنا فتحنا لك فتحا مبينا ليغفر لك الله ما تقدم من ذنبك وما تأخر ويتم نعمته عليك ويهديك صراطا مستقيما "Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu kemenangan yang nyata , supaya Allah memberi ampunan kepadamu (Muhammad) terhadap dosamu yang telah lalu dan yang akan datang serta menyempurnakan nikmat-Nya atasmu dan memimpin kamu kepada jalan yang lurus, "(QS. Al-Fath '48: 1-2) Dosa Nabi Muhammad telah diampuni oleh Allah baik yang telah lalu maupun yang akan datang serta dipimpin ke jalan yang lurus. Meskipun sudah mendapat jaminan masuk surga, namun semua nabi termasuk nabi Muhammad tetap beribadah, memohon ampun, serta bersyukur sebagai bukti kepatuhan mereka kepada Allah. Itulah salah satu kelebihan para Nabi-Nabi Allah yang semuanya sudah pasti mendapat jaminan surga dari Allah, semua Nabi-Nabi pilihan Allah sudah pasti akan diselamatkan diakhirat kelak serta orang-orang yang beriman. 
Dengan demikian, Tujuan Allah menyuruh manusia bershalawat kepada Nabi Muhammad adalah agar umat Islam seluruhnya menaruh rasa hormat kepada beliau. Sebab dia adalah pilihan-Nya untuk menjadi Nabi terakhir dan penutup para Nabi, yang membebaskan manusia dari kehidupan jahiliyah.

"Sesungguhnya Allah Dan Para Malaikat-Malaikat-Nya Bersholawat Untuk Nabi, Hai Orang-Orang Yang Beriman, bershalawatlah Kamu Untuk Nabi Dan Ucapkan Salam Penghormatan Kepadanya" (Qs. Al-Ahzab: 56)

Jadi ketika kita mengamalkan sholawat nabi, berarti kita melaksanakan perintah Allah untuk menghormati rasulNya. Selain itu, membaca sholawat kepada nabi dengan niat tulus menjalankan Perintah Allah dan mengharapkan ridho Allah, maka umat muslim mendapatkan jaminan kebaikan. Melantunkan sholawat, ibarat kita mengharapkan turunnya air hujan pada sebuah sumber mata air yang airnya melimpah. Semakin banyak air hujan yang jatuh kedalam mata air itu, maka airnya akan melimpah kebawah dan memberi manfaat kepada orang yang mengharapkannya. Begitulah ketika kita bersholawat untuk nabi yang sudah jelas selamat, maka keselamatan dan kebaikan itu akan tercurah kepada kepada kita sebagai pengikutnya. 
Diantara manfaat atau manfaat atau fadilah membaca shalawat sebagaimana yang tercantum dalam hadist, diantaranya ..
Rasulullah Bersabda: Barang Siapa Membaca Shalawat Kepadaku Satu Kali Maka Allah Akan Membalas Shalawat Sepuluh Kali, Dan Barang Siapa Yang Membaca Shalawat Kepadaku Seratus Kali, Maka Allah Menulis Diantara Matanya: "Bebas Dari Munafiq Dan Bebas Dari Neraka" Dan Allah akan menempatkannya Esok Pada Hari Qiamat Bersama-Sama Dengan Para Syuhadak (HR. Thabrani Dari Anas bin Malik ra)

Sabda Nabi Muhammad SAW: Sesungguhnya Lebih Utama Bagiku Manusia Besok Pada Hari Qiamat, Adalah Mereka Yang Lebih Banyak Membaca Shalawat Kepadaku (HR. Tarmizi Dari Ibnu Mas'ud ra)

Begitu Besar Harapan Dan Anjuran Allah Serta Rasulullah Kepada Kita Manusia Supaya Bersholawat Atas Nabi, Akankah Itu Kita Sia-Siakan, Maka Dari Itu mari Kita Sempatkan Shalawat Atas Nabi karena pada dasarnya, Bacaan Shalawat Atas Nabi Harus Di Ucapkan Oleh Setiap Muslim Dan Orang Mukmin Dimana Saja Dan Dalam Kondisi Apapun. Dalam Berdoa, Maka Isi Bacaan Doa Itu Harus Ada Bacaan Shalawat Atas Nabi. Jika tidak, Maka Doa Tersebut Tertahan Di Antara Langit Dan Bumi Serta Tidak Naik Barang Sedikit Pun.

Rasulullah SAW pernah bersabda:
Bawasannya Doa Itu Terhenti (Tertahan) Antara Langit Dan Bumi, Tiada Barang Sedikit Pun Darinya, Sehingga Engkau Bershalawat Kepada Nabimu. (HR. Tirmidzi Dari Umar Bin Khathab.)

Setiap Doa Tertutup (Tertahan), Hingga Dibacakan Shalawat Atas Nabi SAW. (HR. Dailami dalam Musnad Al-Firdaus Dari Anas Ra. Dan Oleh Baihaqi Dari Ali Ra)

Demikianlah salah satu contoh pengaruh bacaan shalawat terhadap kebutuhan manusia kepada Tuhannya. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk selalu membaca shalawat atas Nabi pada setiap saat dalam berbagai keadaan.Shalawat atas Nabi itu memiliki barokah, fadhilah, manfaat yang sangat banyak sekali dan sangat besar khasiatnya serta dapat memberi keuntungan di dunia dan di akhirat nanti.Insya Allah akan bahagia, sejahtera, dan selamat fiddun ya wal-aakhirah.  
Meskipun jelas betapa besar manfaat bersholawat, yang harus kita ingat adalah, bahwa kita bersholawat dengan niat tulus karena mengharapkan ridho Allah, bukan mengharapkan kebaikan dari nabi Muhammad. Karena kita bersholawat adalah untuk mendapatkan keridhoan Allah. Namun, nabi muhammad hanyalah manusia yg tidak dapat memberikan kebaikan, yang memberi kebaikan adalah Allah. Jadi penting untuk ditegaskan, bahwa kita memang bersholawat atas nabi Muhammad dengan niat lillahita'ala. Allah swt berfirman, katakanlah: "Aku (Muhammad) tidak berwenang memberikan manfaat bagi diriku dan tidak (pula) menolak kemudharatan kecuali yang dikehendaki Allah. Dan Jika aku mengetahui yang ghaib, tentulah aku membuat kebajikan sebanyak-banyaknya dan aku tidak akan ditimpa kemudharatan. aku tidak lain hanyalah pemberi peringatan, dan pembawa berita gembira bagi orang-orang yang beriman ". (QS. Al-A'raf: 188).
Semoga tulisan ini bermanfaat, bila ada baiknya semua datangnya dari Allah Swt. Bila ada kurangnya, itu karena keterbatasan saya sebagai manusia biasa, mohon maaf jika ada yang tidak berkenan di hati. 
Wassalammu'alaikum wr.wb.


Google search

Custom Search