Minggu, 19 April 2015

Peringatan! Website yang Tidak Mobile Friendly Bakal Kena Pinalti Google Search

Selama beberapa tahun terakhir, orang di berbagai penjuru dunia mengakses internet melalui berbagai macam perangkat. Salah satu perangkat yang sering digunaan orang untuk mengakses internet adalah smartphone. Sekarang hampir 50% dari semua trafik atau lalu lintas di Google dilakukan melalui smartphone. Selain itu, 22,5% dari seluruh penjualan online juga dilakukan pada perangkat mobile. Dengan demikian, semakin jelas bahwa multi-screen Web akan sangat di perlukan di masa depan agar para pengguna interternet nyaman melakukan aktifitas online dengan berbagai perangkat yang mereka gunakan termasuk perangkat seluler. Menyadari kondisi tersebut, Google akhirnya mengeluarkan dua kebijakan atau peraturan baru terkait kemudahan untuk mengakses internet melalui perangkat seluler. 
Salah satu kebijakan tersebut adalah mensyaratkan pengelola website untuk mengoptimalkan website mereka bagi kenyamanan pengguna smartphone. Website harus memiliki pilihan tayang “mobile-friendly”. Google akan memberi hukuman bagi website yang tidak “ramah” bagi pengguna smartphone. Website yang tidak mobile-friendly dengan sendirinya akan terkena penalti, yakni tidak ditampilkan dalam mesin pencari Google. Kebijakan baru ini akan mulai diberlakukan pada tanggal 21 April 2015.


Sebelum kebijakan terkait kemudahan akses bagi pengguna smartphone, Google telah mengirim peringatan kepada situs-situs yang tidak mobile-friendly. Meskipun baru sekedar peringatan dan belum berarti hukuman, namun sudah saatnya bagi pengelola website untuk menyegarkan pengetahuan mereka tentang apa yang membuat sebuah situs mobile-friendly sebelum Google benar-benar menerapkan kebijakan tersebut. Jika situs tidak terkonfigurasi dengan baik untuk smartphone atau tidak memiliki pilihan tayangan “mobile-friendly” untuk pengunjung maka peringkat situs tersebut di mesin pencari Google akan mengalami penurunan. Hal ini terjadi karena situs tersebut bertentangan dengan pedoman optimasi google bagi pengguna handphone. Sebaliknya, Situs yang mobile-friendly akan lebih menonjol pada mesin pencari Google. Dengan demikian, ketika orang melakukan pencarian melalui perangkat seluler, mereka mendapatkan hasil yang relevan dan tepat waktu.
Via www.kelseyads.com
Semua website harus benar-benar dipastikan telah terkonfigurasi dengan baik nyaman dilihat pada semua perangkat modern. Ketika para pengelola website mengatur tampilan website mereka pada komputer, mereka juga harus berfikir bahwa akan banyak pengunjung website mereka akan berkunjung melalui perangkat seluler. Jadi, mereka juga harus memastikan bahwa tampilan website mereka juga memiliki tampilan tayang yang mobile-friendly. Website mereka harus dapat ditayangkan dengan baik dan benar sehingga para pengunjung dapat memiliki pengalaman terbaik dalam melakukan aktivitas online di halaman website tersebut.


Secara garis besar, Google Search telah melakukan dua perubahan penting terkait pencarian konten yang multi-screen agar pengguna dapat lebih mudah dalam melakukan ativitas online.
1.      Lebih banyak website yang Mobile-Friendly pada hasil pencarian.
Mulai tanggal 21 April 2015, Google search akan memperluas penggunaannya terkait keramahan terhadap perangkat seluler sebagai sinyal rangking. Perubahan ini akan berlaku pada mesin pencari seluler di semua bahasa di seluruh dunia. Pengguna internet akan menemukan hasil pencarian yang relevan dengan kualittas hasil pencarian yang memuaskan yang telah dioptimalkan pada perangkat seluler mereka.
2. Konten Aplikasi yang Lebih Relevan dalam Hasil Pencarian
Baru-baru ini, Google Search mulai menggunakan informasi dari aplikasi yang diindeks sebagai faktor dalam peringkat hasil pencarian yang ditampilkan agar pengguna yang memiliki aplikasi yang diinstal di smartphone mereka dapat melakukan sign-in . Akibatnya, Google Search sekarang dapat menampilkan konten dari aplikasi yang diindeks lebih menonjol dalam mesin pencarian. Jika sebuah web terdapat aplikasi mobile di dalamnya, maka pengelola web tersebut harus belajar lebih banyak tentang App Indexing agar memungkinkan Google Search untuk menampilkan informasi tersebut dalam hasil pencarian.
Jika sebuah website memiliki sebuah aplikasi, pengelolanya perlu untuk mengimplementasikan App Indexing sesegera mungkin. Dengan App Indexing, pengguna dapat langsung menemukan web tersebut pada hasil pencarian yang relevan dengan aplikasi website selama aplikasi itu juga sudah terinstal di ponsel mereka.
Ponsel memang difokuskan pada tahun 2015. Kebijakan baru Google ini tentu akan bermanfaat besar bagi pengalaman pengguna internet. Maka pemilik website harus membuat perubahan yang diperlukan untuk melayani konsumen. Perubahan ini merupakan berita besar bagi pengguna ponsel karena akan membantu memotivasi para pemilik situs yang masih tidak memberikan pilihan tayang yang nyaman bagi pengguna mobile yang mengunjungi situs mereka. Tahun ini, Google mulai menyoroti situs mobile-friendly.

SHARE POSTINGAN INI


GOOGLE search
Custom Search


Google search

Custom Search