Senin, 25 Oktober 2010

Potensi Wilayah Kelurahan Prenggan Kecamatan Kotagede

Kelurahan Prenggan merupakan salah satu dari tiga kelurahan yang terdapat di Kecamatan Kotagede. Kelurahan ini terletak di bagian selatan Kecamatan Kotagede, berbatasan langsung dengan Kelurahan Rejowinangun di sebelah Utara, Jagalan Bantul di sebelah Selatan, Kelurahan Giwangan di sebelah timur, dan Kelurahan Purbayan di sebelah Barat, yang terbagi dalam 57 Rukun Tetangga (RT) dan 13 Rukun Warga (RW). Secara geografis, wilayah kelurahan Rejowinangun merupakan dataran rendah dengan ketinggian tanah mencapai 113 meter dari permukaan laut, dan suhu udara rata-rata 32 derajat celcius.
A. Kluster Sosial Humaniora
• Bidang Ekonomi dan Koperasi
Berdiri sejak 1951 sebagai koordinator pengusaha perak di Yogyakarta. Saat ini KP3Y beranggotakan 100 unit usaha dengan spesialisasi masing-masing. Bersama para anggotanya, KP3Y memiliki kapasitas produksi lebih besar dengan standar kualitas souvenir Istana Kepresidenan.


Dibangun pada tahun 1956 oleh Bapak Ansor Karto Utomo, beralamat di Jalan Tegalgendu 28 Kotagede yang merupakan daerah pusat industri perak, 12 Km dari pusat kota Yogyakarta. Hasil kerajinan di Ansor’s Silver merupakan karya 50 pengrajin profesional, yang sudah di ekspor ke Jepang dan Eropa. Bahan baku perak yang digunakan 100% berasal dari dalam negeri.
Djono’s Silver Kerajinan Perak, Berdiri pada tahun 1990, dengan pemilik bapak Parjono. Merupakan unit usaha yang memproduksi, memasarkan, sekaligus melayani pencucian perak. Kerajinan yang dipasarkan terdiri atas jenis Viligri dan Gilapan, menggunakan bahan baku Silver Plated dan Gold Plated yang disuplai oleh perusahaan tambang Gajah Sakti. Toko Pusat Djono’s Silver beralamat di Jl Pembayun 4 Kotagede Yogyakarta, sedangkan toko cabang beralamat di Jl Mondorakan 109 Kotagede.
Berdiri pada tahun 2001 oleh Pin Yolanda, Yolanda Silver merupakan toko yang memasarkan kerajinan perak hasil produksi dari Ansor Silver. Beralamat d Jln Kemasan 6 Kotagede Yogyakarta.

• Bidang Pariwisata

Makam para Pendahulu Kerajaan Mataram serta kerabat keluarga kerajaan yang dulunya juga merupakan tempat tinggal Ki Ageng Pemanahan. Terdapat sebuah bangsal duda (sekarang menjadi koperasi) ketika melewati gapura pertama sebelum memasuki gapura kedua. Melewati gapura kedua sebuah komplek menjadi pembatas sekaligus jalur penghubung menuju makam juga Sendang Saliran (tempat pemandian). Pada komplek ini terdapat kantor, gudang, bangsal pengapit lor dan bangsal pengapit kidul.

• Bidang Pendidikan Formal
No Nama Sekolah Alamat
1 TK ABA Tegalgendu Tegalgendu Prenggan
2 TK ABA Depokan Depokan Prenggan
3 TK Nurul Ummah Jl.Raden Ronggo Prenggan


No Nama Sekolah Alamat
1 SD Kotagede 5 Jl. Kemasan No.68
2 SD Rejowinangun 3 Jl. Nyi Adisuro No.33
3 SD Karangmulyo Jl. Nyi Pembayun
4 SD Randusari Karang KG II/512
5 SD Muh Kleco I Jl. Nyi Pembayun 20 A
6 SD Muh Kleco II Jl. Tegal Gendu 3
7 SD Muh Kleco III Nyi Pembayun 20 A

No Nama Sekolah Alamat
1 SMP Negeri 9 Jl. Ngeksigondo 30
2 SMP Perak Jl. Kemasan 68 Kotagede

No Nama Sekolah Alamat
1 SMA N 5 Yogyakarta Jl. Nyi Pembayun 39
2 SMA SWASTA BUDAYA Jl. Tinalan
3 SMA PERAK Jl. Kemasan No. 46
4 SMA MUHAMMADIYAH 4 Jl. Mondorakan No. 51



SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA beralamat di Jln Ngeksigondo 30 Prenggan. Berdiri sejak 1960, jumlah siswa pada tahun ajaran 2009 mencapai 272 laki-laki dan 371 perempuan. Beberapa prestasi yang pernah diperoleh siswa di antaranya juara 1 Khutbah Jumat dan lomba adzan, serta beberapa prestasi di bidang bela diri.
SMA MUHAMMADIYAH 4 YOGYAKARTA beralamat di Jln Mondorakan 51 Kotagede, memiliki visi unggul serta terampil dalam iman, taqwa, dan teknologi. Suasana belajar didesain sedemikian rupa agar mendukung kegiatan belajar mengajar. Prestasi yang pernah diraih antara lain juara 2 se jawa lomba tenis, dan juara2 tingkat provinsi lomba pencak silat.

• Bidang Pendidikan Non Formal

Taman Bacaan Manca, dikelola oleh Yayasan Taman Bacaan Indonesia, lokasi sebelah Kantor Kelurahan Prenggan.

• Bidang Olah raga


• Bidang Agama


Berkelana ke Kotagede tidak akan lengkap jika tidak berkunjung ke Masjid Kotagede, bangunan tempat ibadah islam yang tertua di Yogyakarta. Bangunan itu merupakan tempat yang seringkali hanya dilewati ketika wisatawan hendak menuju kompleks pemakaman raja Mataram, padahal pesona bangunannya tak kalah menarik.

• Bidang Penerangan dan Media Massa


Radio Mataram Buana Suara (MBS / PM5FLH)
• Bidang Keamanan



B. Kluster Agro
C. Kluster Saintek
• Bidang Sumber Daya Air


D. KLUSTER KESEHATAN-KEDOKTERAN


Kelurahan prenggan merupakan wilayah yang memiliki tradisi lokal yang masih kuat. Salah satu potensi yang menonjol di antaranya seni kerajinan perak yang sudah terkenal di tingkat nasional maupun mancanegara. Para pengrajin mengarjakan usahanya secara turun temurun. Kerajinan perak merupakan potensi yang harus diangkat dan mendapat perhatian dari semua pihak terkait.

Peta Kelurahan Prenggan

Google search

Custom Search