Selasa, 28 April 2015

HARI TARI SEDUNIA 2015 WORLD DANCE DAY 2015

via  surakarta.go.id/
International Dance Day (Hari Tari International) atau lebih dikenal World Dance Day (Hari Tari Dunia) diperingati setiap tanggal 29 April. Peringatan ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1982 oleh komite tari International dibawah naungan UNESCO. Tanggal 29 April dipilih sebagai hari tari karena bertepatan dengan tanggal ulang tahun seorang penari balet Perancis sekaligus master dan pembaharu tari yang bernama George Noverre. Dia lahir pada tahun 1727.

Peringatan hari tari sedunia ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat International tentang pentingnnya tari bagi manusia. Selain itu juga untuk mempromosikan kepada pemerintah di seluruh dunia untuk berpartisipasi melestarikan seni tari dengan cara memasukkan pelajaran tari sebagai salah satu mata pelajaran di sistem pendidikan semua negara.


Hari tari diperingati diberbagai penjuru dunia dengan berbagai kegiatan. Diantaranya mengadakan kursus terbuka, penerbitan berbagai macam artikel terkait seni tari, pertunukan tari di malam hari, pertunjukan tari di jalan, dan lain sebagainya.
Via adisumarmo-airport.com/
Di Indonesia sendiri, hari tari juga diperingati di berbagai daerah dengan berbagai cara.
Misalnya di Kota Solo, Jawa Tengah. Hari tari dunia diperingati dengan acara spesial dengan tema "Solo menari" yang menampilkan berbagai jenis tarian selama 24 jam nonstop. Acara solo menari 2015 ini dimulai sejak pukul 09.00 WIB. Acara solo menari 24 jam ini dibuka dengan pertunjukan tari yang diadakan di Kampus Institut seni Surakarta. Selanjutnya, selama hari tari dunia ini akan diadakan berbagai pertunjukan tari selama 24 jam diberbagai tempat di wilayah Surakarta, diantaranya mal, stasiun balapan solo, halaman kantor pemerintahan daerah Kota Solo, Sekolah, dan bandara Adisumarmo Boyolali- Solo. Di sore hari, akan diadakan acara menari kolosal yang akan dilaksanakan disenjang jalan Jendral Sudirman Kota Solo.
Selain di Kota Solo, Peringatan hari tari dunia juga diadakan di Provinsi Kalimantan Selatan. Sebanyak 11 sanggar dari komunitas penari se Banjarmasin ikut berpartisipasi memeriahkan acara World Dance Day 2015 atau International Dance Day 2015.
Sebagaimana telah kita ketahui, Indonesia adalah negara kepulauan. Kondisi tersebut tidak hanya membuat Indonesia memiliki hewan dan tumbuhan dengan spesies yang berbeda. Manusia yang menghuni negara in pun akhirnya juga terbagi menjadi banyak suku bangsa. Indonesia merupakan Negara dengan suku bangsa yang terbanyak di dunia. Di negara ini terdapat lebih dari 740 suku bangsa/etnis.
Kodisi itu membuat Indonesia kaya dengan budaya, termasuk tarian.Indonesia memiliki banyak sekali tarian tradisional. Diantaranya Tari serimpi dari jawa, tari jaipong dari sunda, tari piring dari sumatera, tari saman dari aceh, tari pendet dan tari kecak dari bali, dan lain sebagainya.



GOOGLE search
Custom Search


SHARE IT    Bagikan Artikel ini melalui:



Google search

Custom Search