Kamis, 21 Mei 2009

KROMOSOM VII

-->
3.1.1 Letak dan Simbol Alel
Dua gen misalnya gen B – dan b terletak pada lokus yang sama dari suatu kromosom dan kromosom hamolognya, letak pasangan alel tersebut saling bersesuaian.
Gen sealel harus diberi symbol dengan huruf yang sama tetapi dibedakan. Perbedaan tersebut seperti contoh diatas, satu huruf besar dan satunya huruf kecil. Bila pengaruh kedua alel untuk menumbuhkan suatu karakter yang sama dominannya, maka kedua alel tersebut ditulis dengan huruf yang sama, atau dalam keadaan homozigot (alel identik). Misalnya, karakter homozigot resesif pada bungan ungu kacang kapri disimbolkan BB. Sebaliknya, karekter homozigot resesif pada bungan putih kacang kapri ditulis bb. Kemungkinan lain adalah munculnya heterozigot (Dua alel yang berbeda untuk sebuah gen), misanya karakter heterozigot untuk bungan ungu kacang kapri disimbolkan Bb. Lihat gambar 3.2
Gambar 3.2 gen sealel. (a) homozigot dominant (b) homozigot resesif (c) heterozigot.
Oleh karena adanya dominant dan resesif, penampakan organisme tidak selalu mengunckapkan komposisi genetiknya. Penampakan organisme secara fisik disebut fenotip dasn penyusun genetiknya disebut genotip. Oleh k arenanya pengertian fenotip adalah karakteristik atau cirri yang dapat diukur dan nata pada suatu individu. Sebaliknya, pengertian genatip adalah susunan genetic suatu karakter yang dimiliki suatu karakter yang dimiliki suatu individu. Pada kasus warna bunga pada tanaman kacang kapri, tanaman BB dan Bb mempunyai genotib yang sama, yaitu Ungum namun genotipnya berbeda.

Google search

Custom Search