Senin, 20 April 2015

Friedrich Wilhelm Hegel (Filsuf Sosial)


            Hegel dilahirkan di Stuttgart pada tahun 1770 (Patterson, 1971: 91). Sebagai salah satu filsuf Barat yang paling menonjol, Hegel memiliki pengaruh yang demikian besar sampai di luar Jerman. Filsafatnya yang cukup monumental adalah teorinya tentang dialektika.
            Hegel sepakat dengan Fichte dan Schelling bahwa realitas tertinggi di alam semesta ini adalah Roh Absolut. Bagi Hegel, negara adalah ungkapan dari Roh Absolut tersebut (Sudiarja, 1995: 17-18). Negara berkembang dari unit yang paling kecil yakni keluarga. Keluarga merupakan kesatuan yang utuh dan mandiri. Namun dalam perkembangannya, anak-anak dari suatu keluarga akan memisahkan diri an membentuk keluarga-keluarga baru. Dari proses ini terbentuklah kelompok masyarakat sipil. Kelompok masyarakat sipil berkembang dan membentuk negara.
            Ringkasan Hegel mengenai sejarah filsafat politik berjudul Philosophy of Right (Filsafat Hukum). Konsepsi Hegel memperlihatkan bahwa negara modern didasarkan pada relasi ekonomi borjuis. Konsep Hegel tentang negara di dalam Philosophy of Right merupakan puncak dari karya terakhir Hegel. Karya tersebut berupaya memperlihatkan bagaimana kekuatan negara modern, dipahami secara rasional, merekonsiliasikan kontradiksi-kontradiksi dari ‘masyarakat sipil’, yang notabene adalah masyarakat borjuis. Masyarakat sipil adalah ‘medan perang dari kepentingan pribadi’. Filsafat menunjukkan bagaimana negara mengekspresikan kesatuan sebuah kehidupan bangsa. Negara adalah ‘aktualitas dari kebebasan yang konkrit’.

            Hegel melihat ‘ruh’ maju dengan cara seperti ini: di dalam setiap tahapan penyingkapannya, ruh-totalitas daripada kehidupan dan aktifitas manusia-menemukan dirinya berkontradiksi dengan apa yag telah diproduksi oleh dirinya, yang mana sekarang berhadapan dengannya sebagai sesuatu yang asing. Filsafat merefleksikan keterasingan ini, dan menyelesaikannya melalui refleksi ini, dan hal ini, menurut Hegel, adalah bagaimana ruh menciptakan dirinya. Relasi daripada negara dengan masyarakat sipil adalah sebuah contoh yang utama dari gerakan ini.

BAGIKAN ARTIKEL INI
 Facebook       Twitter      Google+

GOOGLE search
Custom Search

Google search

Custom Search